logo

SIDAK Virtual DITJEN BADILAG di PA Surabaya

Rabu, 08 Juli 2020, Di masa Pandemi Covid-19 ini, Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama tetap melakukan pengawasan pada satker-satker di bawahnya. Salah satunya yaitu di Pe
SIDAK Virtual DITJEN BADILAG di PA Surabaya

Rapat Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Posbakum

Surabaya, Rabu 08 Juli 2020. Rapat monitoring dan evalusi terhadap kinerja LBH Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya untuk Semester ke-1 tahun 2020. Rapat dipimpin oleh Wak
Rapat Monitoring dan Evaluasi Pelayanan Posbakum

Senam Pagi Warga Pengadilan Agama Surabaya

Surabaya, Jumát, 19 Juni 2020, bertempat di Halaman Kantor Pengadilan Agama Surabaya dilaksanakan kegiatan kebugaran diantaranya senam pagi. Kegiatan senam pagi yang dii
Senam Pagi Warga Pengadilan Agama Surabaya

Menyambut New Normal PA Surabaya Melaksanakan Kegiatan Jumat Bersih

Jumat, 12 Juni 2020. Menindak Lanjuti SE MA Nomor 6 Tahun 2020 tentang Sistem Kerja di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan yang Berada di Bawahnya dalam Tatanan
Menyambut New Normal PA Surabaya Melaksanakan Kegiatan Jumat Bersih

Pemeriksaan Saksi Via Teleconference PA Dps - PA Sby

Selasa, 09 Juni 2020. Pengadilan Agama Surabaya memfasilitasi delegasi pemeriksaan saksi melalui teleconference dengan Pengadilan Agama Denpasar dalam perkara nomor 58/Pdt.P/20
Pemeriksaan Saksi Via Teleconference PA Dps - PA Sby

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Informasi Jam Pelayanan

Informasi Mengenai Jam Pelayanan Peradilan di Pengadilan Agama Surabaya

Jadwal Sidang

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Instan Padu

Aplikasi Informasi Kerjasama Pengadilan Agama Surabaya dan BPN Surabaya 1

Informasi Produk Peradilan

Memberikan informasi terkait proses perkara kepada pihak berdasarkan permintaan dari para pihak

Survey Kepuasan Masyarakat

Mohon mengisi Formulir Survey Mengenai Pelayanan Kami kepada anda untuk meningkatkan pelayanan kami

Gugatan Permohonan Mandiri

Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri. Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 1254

ANsTRI SOLUSI ANTRIAN IMPARSIAL

Pengadilan Agama Surabaya terus berbenah demi memberikan pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan, setelah meluncurkan beberapa program unggulannya seperti One Day minutasi, One day Publish, Arsip digital, kini Pengadilan Agama Surabaya meluncurkan ANsTRI.

Apakah itu Anstri? Anstri singkatan dari Sistem Antrian Tanpa Ribet, adalah ide yang dilahirkan dan dikembangkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Surabaya, yang diresmikan bertepatan dengan tanggal kelahirannya, yaitu tanggal 04 April 2019, tepat di Ulang tahunnya yang ke 54. “ ini Kado Istimewa“ ujar pria yang selalu tampil elegan ini, bapak yang meng’otak’i Pembaharuan di Pengadilan Agama Surabaya mulai dari Akreditasi Penjaminan Mutu atau yang biasa disingkat APM, komandan dalam pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, dan kini mulai meracik ANsTRI, suatu ide yang direncanakan ke depannya menjadi sebuah aplikasi sistem antrian sidang yang bisa diakses secara online, dan saat ini jadwal, termasuk jam sidangnya, bisa dilihat melalui website pengadilan Agama Surabaya, sehingga para pencari keadilan tidak perlu berdesak-desakan, berebut demi mendapat antrian sidang.

Sebelum ANsTRI diluncurkan, antrian di ruang tunggu PTSP dan Ruang tunggu sidang penuh sesak, sepertinya tidak ada jalan keluarnya kecuali Perluasan gedung, tetapi begitu diterapkan sistem ANsTRI, dan hasil survey lapangan, diketahui bahwa suasana di ruang tunggu Pengadilan Agama Surabaya berangsur-angsur lengang.

Daripada Penasaran mari berkunjung ke ruang beliau untuk mengobrol tentang ANsTRI :

  1. Redaksi: Apa sih sebenarnya ANsTRI itu?

Waka : ANsTRI sebenarnya adalah sebuah sistem antrian yang bisa diakese melalui website Pengadilan Agama Surabaya, yang dibuat untuk para pengguna jasa layanan Pengadilan khususnya antrian sidang, yang selama ini dipandang menjadi masalah yang harus ditemukan solusinya;

  1. Redaksi: Apakah masalah yang dimaksud?

Waka : masalahnya ketika hari sidang tiba para pencari keadilan yang akan bersidang pagi-pagi sekali bahkan belum jam 7 sudah antri untuk mendapatkan nomor antrian siding dan ternyata saya pernah melihat itu mereka bukan antri untuk dirinya sendiri, karena Ia membawa kartu sidang lebih dari satu kartu, mungkin itu joki atau apa saya tidak tahu;

  1. Redaksi: Sebenarnya kapan gagasan itu muncul?

Waka : Ketika kita menyusun Rencana Kinerja Zona Integritas (selanjutnya disingkat ZI), di mana inti dari ZI itu adalah pelayanan yang Berkualitas kemudian saya bertanya dalam hati “kualitas layanan seperti apa, kalau orang untuk mendapat antrian saja harus berjubel dan berdesakan, maka semua harus diperbaiki harus direformasi,menjadi lebih baik”

  1. Redaksi: Apakah dampak dari sitem ANsTRI ini?

Waka : yang jelas Orang bersidang tidak perlu datang pagi-pagi mengambil antrian, bahkan setelah melihat Website PA Surabaya, ia bisa datang ke Pengadilan sesuai waktru yang dialokasikan sehingga mereka tidak perlu berlama-lama di Pengadilan

  1. Redaksi : Bagaimana perasaan bapak setelah berhasil meluncurkan Anstri?

Waka :   Alhamdulillah saya puas karena hari ketiga memasuki jalannya ANsTRI sejak 1 April 2019 dan diluncurkan secara resmi 4 April 2019 saya melihat pada jam 08.00 WIB, yang dulunya orang berkerumun seperti lebah sekarang sudah lengang, tinggal antri pelayanan yang lain, itupun dilakukan dengan duduk santai

  1. Redaksi : Saya melihat sejak bapak berada di PA Surabaya, kini menjadi sangat maju?

Waka :   Alhamdulillah, sebenarnya saya ini koki sejak kepemimpinan Pak Dr. Suhadak saya terlibat Penggodokan, One day Minutasi, One day Publish Arsip digital, bersama beliau dan tim yang lain;

  1. Redaksi : pertanyaan terakhir, apa pesan-pesan Bapak kepada teman-teman Warga PA Surabaya?

Waka :   saya kira tidak ada pesan apa-apa, justru ucapan terimakasih kepada Panitera, Sekretaris, Seluruh Hakim, Panitera Pengganti, Jurusita, tak lupa para asisten majelis, adik-adik CAKIM, dan seluruh jajaran, yang bersama-sama mensukseskan Terciptanya ANsTRi ini;

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Surabaya Klas IA

Jl. Ketintang Madya VI/3, Surabaya

031-8292146, 0811-3332-211

031-8293341

pasurabaya@yahoo.co.id