logo

Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Kasubag Umum dan Keuangan PA Surabaya

Rabu 2 Juni 2020 bertempat di Aula Pengadilan Agama Surabaya, diadakan Pengambilan Sumpah Jabatan dan Pelantikan Kasubag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Surabaya.  
Pengambilan Sumpah Jabatan Dan Pelantikan Kasubag Umum dan Keuangan PA Surabaya

Sidak Hari Pertama Kerja oleh WKPTA Surabaya

Hari Selasa tanggal 26 Mei 2020, Pengadilan Agama Surabaya menerima kedatangan WKPTA Surabaya, H. Cholidul Azhar, S.H., M.Hum., didampingi Kasubbag. Kepegawaian dan Teknologi I
Sidak Hari Pertama Kerja oleh WKPTA Surabaya

Covid-19 Update : Ambil Produk Pengadilan Tanpa harus Antri

https://posts.gle/R26cz di Masa Pandemi Covid 19, Manfaatkan fasilitas Booking Pengambilan Produk Pengadilan (Akta Cerai, Salinan Putusan, Salinan Penetapan) Melal
Covid-19 Update : Ambil Produk Pengadilan Tanpa harus Antri

Pemeriksaan Saksi dengan Sidang Teleconference

Selasa, 21 April 2020. Pengadilan Agama Surabaya memfasilitasi delegasi pemeriksaan saksi melalui teleconference dengan Pengadilan Agama Sorong dalam perkara Penetapan Ahli War
Pemeriksaan Saksi dengan Sidang Teleconference

Rapat Pengadilan Agama Sekoordinator Surabaya

  Kamis, 16 April 2020 bertempat di Aula Pengadilan Agama Surabaya, dilaksanakan rapat Pengadilan Agama Sekoordinator Surabaya, dimasa pandemi ini rapat ini diadakan dengan
Rapat Pengadilan Agama Sekoordinator Surabaya

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Informasi Jam Pelayanan

Informasi Mengenai Jam Pelayanan Peradilan di Pengadilan Agama Surabaya

Jadwal Sidang

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Instan Padu

Aplikasi Informasi Kerjasama Pengadilan Agama Surabaya dan BPN Surabaya 1

Informasi Produk Peradilan

Memberikan informasi terkait proses perkara kepada pihak berdasarkan permintaan dari para pihak

Survey Kepuasan Masyarakat

Mohon mengisi Formulir Survey Mengenai Pelayanan Kami kepada anda untuk meningkatkan pelayanan kami

Gugatan Permohonan Mandiri

Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri. Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 2265

DARI MANUAL MENUJU DIGITAL

Apabila buku-buku register yang manual ini terus dipelihara dan dipertahankan tentu memerlukan ruangan yang cukup luas untuk menampung arsi-arsip sampai 10 tahun kedepan. Seperti kebutuhan buku register gugatan dengan volume perkara rata-rata 750 perkara perbulan, maka tiap bulan membutuhkan sampai 3 buku, berarti pertahun bisa lebih dari 36 buku register gugatan, begitu pula dengan buku register induk keuangan perkara, buku register permohonan, buku jurnal dan lain-lain.

 

 

 Belum lagi arsip berkas perkara yang rata-rata 8000 perkara pertahun, dalam satu rak terdapat enam tingkat, diperkirakan dalam satu tahun 6 bulan sudah penuh. Lambat laun semua ruangan di Pengadilan Agama Surabaya penuh dengan arsip manual.

 

 Oleh karena itu Ketua Pengadilan Agama Surabaya Dr. H. Suhadak S.H., M.H. mengambil langkah untuk merubah suasana yang serba manual mengarah kepada arsip digital. Pandangan tersebut dilontarkan pada sisi diskusi penataan arsip bersama jajaran pimpinan Pengadilan Agama Surabaya dan rekan-rekan tim IT yang dipercayakan kepada Koes Atmajahutama, S.H.I, S.H.,M.H. sebagai leader project, Dr. Bayu Endragupta, S.Kom. M.H, Muhammad Ali Said, S.H.I. , M.H.dan Hakim El Faruq, S.H sebagai anggota, pada tanggal 02 januari 2018;

  

Sebenarnya langkah pembuatan buku-buku jurnal, buku induk keuangan, buku-buku register telah dimulai, begitu pula dengan arsip digital untuk Pengadilan Agama Surabaya telah berjalan beberapa bulan yang lalu. Namun paying hokum pembuatan arsip digital masih belum ada kecuali buku induk keuangan. Padahal langkah yang ditempuh dari yang serba manual menuju ke digital terdapat beberapa keuntungan, yang antara lain :

  1. Akurasi data digital bisa lebih valid bahkan bisa lebih bagus.
  2. Mengurangi beban kerja dan bisa memaksimalkan SDM Pengadilan Agama Surabaya.
  3. Mempercepat kerja dari perkara masuk sampai dengan minutasi.
  4. Dapat disimpan dengan aman dan tidak membutuhkan ruangan yang luas.

Dr. H. Suahadak S.H., M.H. berharap agar Bapak DIRJEN BADILAG MA-RI memberikan rekomendasi dan payung hukum untuk terlaksananya arsip dan buku-buku yang terkait dengan perkara dilakukan secara digital.

Mengingat ruangan kantor semakin hari semakin penuh, maka langkah-langkah penanganan segera perlu mendapatkan perhatian dari atasan, agar dua sisi terus dikerjakan manual jalan dan digital jalan.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Surabaya Klas IA

Jl. Ketintang Madya VI/3, Surabaya

031-8292146, 0811-3332-211

031-8293341

pasurabaya@yahoo.co.id