logo

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 di PA Surabaya

Dalam susasana memperingati Hari Pahlawan ke 74 tahun 2019, Pengadilan Agama Surabaya menggelar upacara di Halaman Kantor Pengadilan Agama, Surabaya 11 November 2019. Upacara d
Peringatan Hari Pahlawan ke-74 di PA Surabaya

Evaluasi Implementasi APM di Pengadilan Agama Surabaya

Setelah seluruh dokumen dan bukti dipersiapkan dalam menghadapi surveillance Akreditasi Penjaminan Mutu. Kamis 7 November 2019 dilakukan kegiatan Evaluasi Implementasi Akreditasi
Evaluasi Implementasi APM di Pengadilan Agama Surabaya

Kunjungan Studi Banding di Pengadilan Agama Surabaya

  Pada hari Kamis, 07 November 2019 Pengadilan Agama Surabaya menerima kunjungan studi banding dari Pengadilan Agama Bangkalan. Rombongan Pengadilan Agama Bangkalan yan
Kunjungan Studi Banding di Pengadilan Agama Surabaya

Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Selasa, 5 November 2019 Pengadilan Agama Surabaya menggelar rapat singkat yang dihadiri oleh Ketua, Wakil Ketua dan Panitera serta seluruh Hakim membahas evaluasi kinerja menje
Rapat Koordinasi dan Evaluasi

Pemerintah Kota Surabaya siap bersinergi dengan Pengadilan Agama Surabaya

Ketua Pengadilan Agama Surabaya Dr Amam Fakhrur menyambut baik kunjungan dari Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota Surabaya ibu Ira Tursilowati, SH., MH. Adapun permasalahan
Pemerintah Kota Surabaya siap bersinergi dengan Pengadilan Agama Surabaya

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Informasi Jam Pelayanan

Informasi Mengenai Jam Pelayanan Peradilan di Pengadilan Agama Surabaya

Jadwal Sidang

-

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Instan Padu

Aplikasi Informasi Kerjasama Pengadilan Agama Surabaya dan BPN Surabaya 1

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 1603

DARI MANUAL MENUJU DIGITAL

Apabila buku-buku register yang manual ini terus dipelihara dan dipertahankan tentu memerlukan ruangan yang cukup luas untuk menampung arsi-arsip sampai 10 tahun kedepan. Seperti kebutuhan buku register gugatan dengan volume perkara rata-rata 750 perkara perbulan, maka tiap bulan membutuhkan sampai 3 buku, berarti pertahun bisa lebih dari 36 buku register gugatan, begitu pula dengan buku register induk keuangan perkara, buku register permohonan, buku jurnal dan lain-lain.

 

 

 Belum lagi arsip berkas perkara yang rata-rata 8000 perkara pertahun, dalam satu rak terdapat enam tingkat, diperkirakan dalam satu tahun 6 bulan sudah penuh. Lambat laun semua ruangan di Pengadilan Agama Surabaya penuh dengan arsip manual.

 

 Oleh karena itu Ketua Pengadilan Agama Surabaya Dr. H. Suhadak S.H., M.H. mengambil langkah untuk merubah suasana yang serba manual mengarah kepada arsip digital. Pandangan tersebut dilontarkan pada sisi diskusi penataan arsip bersama jajaran pimpinan Pengadilan Agama Surabaya dan rekan-rekan tim IT yang dipercayakan kepada Koes Atmajahutama, S.H.I, S.H.,M.H. sebagai leader project, Dr. Bayu Endragupta, S.Kom. M.H, Muhammad Ali Said, S.H.I. , M.H.dan Hakim El Faruq, S.H sebagai anggota, pada tanggal 02 januari 2018;

  

Sebenarnya langkah pembuatan buku-buku jurnal, buku induk keuangan, buku-buku register telah dimulai, begitu pula dengan arsip digital untuk Pengadilan Agama Surabaya telah berjalan beberapa bulan yang lalu. Namun paying hokum pembuatan arsip digital masih belum ada kecuali buku induk keuangan. Padahal langkah yang ditempuh dari yang serba manual menuju ke digital terdapat beberapa keuntungan, yang antara lain :

  1. Akurasi data digital bisa lebih valid bahkan bisa lebih bagus.
  2. Mengurangi beban kerja dan bisa memaksimalkan SDM Pengadilan Agama Surabaya.
  3. Mempercepat kerja dari perkara masuk sampai dengan minutasi.
  4. Dapat disimpan dengan aman dan tidak membutuhkan ruangan yang luas.

Dr. H. Suahadak S.H., M.H. berharap agar Bapak DIRJEN BADILAG MA-RI memberikan rekomendasi dan payung hukum untuk terlaksananya arsip dan buku-buku yang terkait dengan perkara dilakukan secara digital.

Mengingat ruangan kantor semakin hari semakin penuh, maka langkah-langkah penanganan segera perlu mendapatkan perhatian dari atasan, agar dua sisi terus dikerjakan manual jalan dan digital jalan.

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Surabaya Klas IA

Jl. Ketintang Madya VI/3, Surabaya

031-8292146

031-8293341

pasurabaya@yahoo.co.id