logo

Perempuan dan anak memiliki hak konstitusional

Setiap perempuan dan anak-anak warga negara Indonesia memiliki hak konstitusional sama dengan warga negara Indonesia yang laki-laki. Penguatan hak-hak perempuan yang termuat da
Perempuan dan anak memiliki hak konstitusional

Pelayanan Istimewa SATE MEDURA 13

Kami Hadirkan Pelayanan Istimewa kepada pihak yang telah melakukan pemesanan produk (akta cerai, salinan putusan, salinan penetapan) melalui PAK BOPP, kepadanya kami persila
Pelayanan Istimewa SATE MEDURA 13

Covid-19 Update : Ambil Produk Pengadilan Tanpa harus Antri

  di Masa Pandemi Covid 19, Manfaatkan fasilitas Booking Pengambilan Produk Pengadilan (Akta Cerai, Salinan Putusan, Salinan Penetapan) Klik disini Untuk
Covid-19 Update : Ambil Produk Pengadilan Tanpa harus Antri

Biaya Perkara

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Informasi Jam Pelayanan

Informasi Mengenai Jam Pelayanan Peradilan di Pengadilan Agama Surabaya

Jadwal Sidang

-

SIPP

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

e-court

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

SIWAS

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

Instan Padu

Aplikasi Informasi Kerjasama Pengadilan Agama Surabaya dan BPN Surabaya 1

Informasi Produk Peradilan

Gunakan layanan Pak Bopp untuk reservasi/booking produk pengadilan

Survey Kepuasan Masyarakat

Sistem Informasi Persidangan, Booking Produk Pengadilan, dan Survey Layanan

Gugatan Permohonan Mandiri

Layanan Pembuatan Gugatan / Permohonan secara mandiri. Untuk Pelayanan yang lebih mudah, cepat dan biaya ringan

Dipublikasikan oleh admin on . Hits: 2155

PTSP PENGADILAN AGAMA SURABAYA MENUJU EXCELLENT

Upaya Pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Publik dalam setiap Instansi atau kelembagaan Pemerintah di Negara Republik Indonesia terus ditingkatkan dan di permudah. Mahkamah Agung sebagai lembaga negara serta jajaran Pengadilan di bawahnya senantiasa berupaya menata, meningkatkan, dan menyederhanakan pelayanan publik dengan cara menerapkan sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang  selanjutnya disebut “PTSP” untuk mencapai terwujudnya kwalitas layanan publik. Mahkamah Agung melalui program PTSP ingin memberikan pelayanan prima dalam hal pelayanan publik yang proses pengelolaannya dimulai dari tahap awal sampai akhir atau pengajuan dan terbitnya sebuah dokumen dilakukan di dalam satu tempat adalah wujud keseriusan Mahkamah Agung dan jajaran Pengadilan di bawahnya terhadap penerapan layanan publik yang berkwalitas sesuai Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 1403.b/DJA/SK/OT.01.3/8/2018 tanggal 02 Agustus 2018 tentang Pedoman Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Lingkungan Peradilan agama.

Layanan Terpadu Satu Pintu dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang terintegrasi dalam satu kesatuan proses dimulai dari tahap pengajuan sampai dengan penyelesaian produk pengadilan melalui satu pintu, penyelenggaraan PTSP ini senantiasan dilaksanakan dengan prinsip-prinsip dasar berupa keterpaduan, efektif, efisien, ekonomis, koordinasi, akuntabilitas, dan aksesibilitas.

Ruang lingkup PTSP di Pengadilan Agama Surabaya ini meliputi seluruh pelayanan administrasi yang menjadi kompetensi/kewenangannya baik layanan pokok (layanan minimal PTSP) maupun layanan penunjang tidak lain memiliki tujuan untuk: 1) Mewujudkan proses peradilan yang sederhana, cepat dan biaya ringan 2) Memberikan pelayanan administrasi yang mudah, pasti, terukur dan bebas dari Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KKN) kepada Pengguna Layanan dan 3) menjaga independensi dan imparsialitas aparatur Pengadilan.

Pengadilan Agama Surabaya sebagai lembaga Peradilan di bawah Mahkamah Agung Republik Indonesia, sejak tanggal 5 Agustus 2018 sudah mulai menerapkan standar PTSP sesuai Keputusan Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama tersebut dan juga Surat Keputusan Ketua Pengadilan Agama Surabaya nomor W.13.A.1/3850/Hk.05/SK/10/2018 tanggal 09 OKtober 2018 tentang Tim Pengelola Layanan Terpadu Satu Pintu Pada Pengadilan agama Surabaya Tahun 2018 dan telah diperbarui dengan Surat Keputusan Wakil Ketua Pengadilan Agama Surabaya nomor W.13.A.1/0737/Hk.05/SK/2/2019 tanggal 07 Februari 2019 tentang Tim Pengelola Layanan Terpadu Satu Pintu Pada Pengadilan agama Surabaya Tahun 2019.

Sebagai layanan penunjang PTSP, Pengadilan Agama Surabaya telah bekerja sama dengan Bank BNI Syariah Surabaya untuk membuka kantor kas di Pengadilan Agama Surabaya sebagai penampung rekening para pihak yang berperkara, juga bekerja sama dengan PT Pos Indonesia di Surabaya untuk membuka layanan leges, materai dan lan lain-lain sehingga memudahkan para pencari keadilan untuk leges alat-alat bukti diajukan di persidangan;

Upaya terus ditingkatkan untuk menyempurnakan program PTSP tersebut diantaranya perbaikan ruang pelayanan yang meliputi ruang layanan pokok, layanan penunjang maupun ruang tunggu sidang

Untuk keberhasilan pelaksanaan program PTSP ini memerlukan komitmen dari seluruh Pimpinan dan Aparatur Pengadilan secara terintegrasi dalam pelaksanaannya. Oleh sebab itu dalam rangka mewujudkan keberhasilan pelaksanaan PTSP tersebut, maka pimpinan telah menetapkan kualifikasi standarisasi pelayanan yang harus dimiliki oleh seluruh petugas PTSP, untuk itu akan diadakan evaluasi terhadap PTSP secara berkala tiap tiga bulan oleh hakim dan pimpinan untuk perbaikan di masa yang akan datang. (TF_@dmin)

Hubungi Kami

Pengadilan Agama Surabaya Klas IA

Jl. Ketintang Madya VI/3, Surabaya

031-8292146, 0811-3332-211

031-8293341

pasurabaya@yahoo.co.id