ANsTRI SOLUSI ANTRIAN IMPARSIAL
Pengadilan Agama Surabaya terus berbenah demi memberikan pelayanan terbaik kepada para pencari keadilan, setelah meluncurkan beberapa program unggulannya seperti One Day minutasi, One day Publish, Arsip digital, kini Pengadilan Agama Surabaya meluncurkan ANsTRI.
Apakah itu Anstri? Anstri singkatan dari Sistem Antrian Tanpa Ribet, adalah ide yang dilahirkan dan dikembangkan oleh Wakil Ketua Pengadilan Agama Surabaya, yang diresmikan bertepatan dengan tanggal kelahirannya, yaitu tanggal 04 April 2019, tepat di Ulang tahunnya yang ke 54. “ ini Kado Istimewa“ ujar pria yang selalu tampil elegan ini, bapak yang meng’otak’i Pembaharuan di Pengadilan Agama Surabaya mulai dari Akreditasi Penjaminan Mutu atau yang biasa disingkat APM, komandan dalam pencanangan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, dan kini mulai meracik ANsTRI, suatu ide yang direncanakan ke depannya menjadi sebuah aplikasi sistem antrian sidang yang bisa diakses secara online, dan saat ini jadwal, termasuk jam sidangnya, bisa dilihat melalui website pengadilan Agama Surabaya, sehingga para pencari keadilan tidak perlu berdesak-desakan, berebut demi mendapat antrian sidang.
Sebelum ANsTRI diluncurkan, antrian di ruang tunggu PTSP dan Ruang tunggu sidang penuh sesak, sepertinya tidak ada jalan keluarnya kecuali Perluasan gedung, tetapi begitu diterapkan sistem ANsTRI, dan hasil survey lapangan, diketahui bahwa suasana di ruang tunggu Pengadilan Agama Surabaya berangsur-angsur lengang.
Daripada Penasaran mari berkunjung ke ruang beliau untuk mengobrol tentang ANsTRI :
- Redaksi: Apa sih sebenarnya ANsTRI itu?
Waka : ANsTRI sebenarnya adalah sebuah sistem antrian yang bisa diakese melalui website Pengadilan Agama Surabaya, yang dibuat untuk para pengguna jasa layanan Pengadilan khususnya antrian sidang, yang selama ini dipandang menjadi masalah yang harus ditemukan solusinya;
- Redaksi: Apakah masalah yang dimaksud?
Waka : masalahnya ketika hari sidang tiba para pencari keadilan yang akan bersidang pagi-pagi sekali bahkan belum jam 7 sudah antri untuk mendapatkan nomor antrian siding dan ternyata saya pernah melihat itu mereka bukan antri untuk dirinya sendiri, karena Ia membawa kartu sidang lebih dari satu kartu, mungkin itu joki atau apa saya tidak tahu;
- Redaksi: Sebenarnya kapan gagasan itu muncul?
Waka : Ketika kita menyusun Rencana Kinerja Zona Integritas (selanjutnya disingkat ZI), di mana inti dari ZI itu adalah pelayanan yang Berkualitas kemudian saya bertanya dalam hati “kualitas layanan seperti apa, kalau orang untuk mendapat antrian saja harus berjubel dan berdesakan, maka semua harus diperbaiki harus direformasi,menjadi lebih baik”
- Redaksi: Apakah dampak dari sitem ANsTRI ini?
Waka : yang jelas Orang bersidang tidak perlu datang pagi-pagi mengambil antrian, bahkan setelah melihat Website PA Surabaya, ia bisa datang ke Pengadilan sesuai waktru yang dialokasikan sehingga mereka tidak perlu berlama-lama di Pengadilan
- Redaksi : Bagaimana perasaan bapak setelah berhasil meluncurkan Anstri?
Waka : Alhamdulillah saya puas karena hari ketiga memasuki jalannya ANsTRI sejak 1 April 2019 dan diluncurkan secara resmi 4 April 2019 saya melihat pada jam 08.00 WIB, yang dulunya orang berkerumun seperti lebah sekarang sudah lengang, tinggal antri pelayanan yang lain, itupun dilakukan dengan duduk santai
- Redaksi : Saya melihat sejak bapak berada di PA Surabaya, kini menjadi sangat maju?
Waka : Alhamdulillah, sebenarnya saya ini koki sejak kepemimpinan Pak Dr. Suhadak saya terlibat Penggodokan, One day Minutasi, One day Publish Arsip digital, bersama beliau dan tim yang lain;
- Redaksi : pertanyaan terakhir, apa pesan-pesan Bapak kepada teman-teman Warga PA Surabaya?
Waka : saya kira tidak ada pesan apa-apa, justru ucapan terimakasih kepada Panitera, Sekretaris, Seluruh Hakim, Panitera Pengganti, Jurusita, tak lupa para asisten majelis, adik-adik CAKIM, dan seluruh jajaran, yang bersama-sama mensukseskan Terciptanya ANsTRi ini;
Berita Terkait: